Rabu, 14 Mei 2014

Cara Menghilangkan Kesusahan dan Kecemasan Dengan Istighfar


 Ada syair yang berbunyi, “Wahai orang yang susah, sungguh kesusahan itu akan hilang sendiri. Maka hiburlah dengan kebaikan, sungguh yang menghilangkan kesusahan itu adalah Allah.”
            Siapa yang dapat menghilangkan kesusahan, melenyapka kesedihan, dan menghapus kecemasan kalau bukan Allah? Allah swt. Telah membimbing kita kepada perbuatan yang dapat menghilangkan kecemasan, kesusahan, dan kesedihan. Sebagaimana Nabi Muhammad. Bersabda,

مَنْ أَكْثَرَ اْلاِسْتِغْفَارَ جَعَلَ اللهُ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجًا، وَ مِنْ كُلِّ ضِيْقٍ مَخْرَجًا وَ رَزَّقَ مِنْ حَيْثُ لاَ يَحْتَسِبُ 
“Barangsiapa yang memperbanyak istighfar, Allah akan membuat segala kesusahannya menjadi kebahagiaan, segala kesempitannya menjadi jalan keluar baginya, serta Allah akan memberikan rizki baginya dari jalan yang ia tidak duga sebelumnya.” (HR Abu Dawud, Ibnu Majah, dan al-Haakim)
            Allah telah mengubah kesempitan menjadi jalan keluar, segala kesusahan menjadi kebahagiaan, dan Allah akan member rizki bagi kita dari jalan yang tidak terduga sebelumnya. Sungguh, semua itu berawal dari hal yang sederhana dan sangat mudah, yaitu dengan selalu beristighfar. Segala puji bagi Allah yang telah membimbing kita menuju kebaikan di dunia dan di akhirat.
            Wahai saudaraku sesame muslim. Terdapat kalimat yang sedikit dan ringan di lisan, namun berat timbangannya. Kalimat itu pun sangat dicintai oleh Allah yang Maha Pemurah. Alangkah bagusnya kita selalu memperbanyak istighfar. Sesungguhnya perbuatan ini tidak akan membebani kita, baik secara materi maupun jasmani. Hal itu justru akan memberikan kita kebaikan yang sangat banyak.Dengan meminta ampun, maka hilanglah segala kesusahan-kesusahan kita.
            Salah satu bentuk kalimat istighfar dan anjuran serta dalil yang berasal dari Rasulullah saw. Adalah,
(أَسْتَغْفِرُ اللهَ اْلعَظِيْمَ الَّذِيْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ اْلحَيُّ اْلقَيُّوْمُ وَ أَتُوْبُ إِلَيْكَ)
“Aku berlindung kepada Allah yang Maha Agung yang tiada tuhan selain Dia yang MAha Hidup dan Maha Kekal, dan aku bertaubat kepada-Nya.”
            Anda sebaiknya berpegang dengan bentuk kalimat ini dan menggunakannya ketika beristighfar. Anda akan melihat, betapa kesusahan anda akan dihilangkan. Hal inii terjadi karena segala kegelisahan anda telah dihilangkan dengan izin dan karunia Allah swt.
            Memang sangat terbukti kalimat istighfar bisa menentramkan jiwa dan dapat pula menghapuskan dosa. Jika kita amalkan setiap waktu, kita akan merasakan manfaatnya dan perubahan dalam hidup kita. Insyaallah kita kan selalu ingat Allah dan juga dapat mempertebal iman. Semoga sedikit pengetahuan ini bisa mendorong pembaca sekalian untuk selalu mengucap kata-kata yang baik dengan banyak istighfar. Syukron…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar